Blog ini berisi artikel hasil copy paste dari grub whatsup, telegram, facebook, dan lain-lain untuk mengingatkan diri saya sendiri. Semoga Bermanfaat

Dari Manager Bank menjadi Entrepreneur

SURAT DARI PEMBACA, KISAH HIJRAH YANG MENGGUGAH JIWA..
(Pengirim: Adhitya Rizkiwahana di Malang)

Assalamu’alikum wr wb kang Saptu... Pripun kabare, inshaAllah sehat nggih... Aamiin..
Pertama kenalan dulu ya mas, nama saya Adhitya Rizkiwahana, domisili di kota Malang, saya join dengan group FB njenengan, Belajar Wirausaha Bareng Saptuari kira-kira sekitar bulan Juli 2016.
Alhamdulillah dari group njenengan itu saya inshaAllah dapat hidayah yang memberikan dorongan sangat kuat bagi saya untuk memberanikan diri merubah jalan hidup saya mas.
Saya tak cerita sedikit boleh nggih mas, flashback ke 13 tahun yang lalu...
Alhamdulillah setelah lulus kuliah di UII Jogja jurusan akuntansi tahun 2003 saya langsung diterima kerja di salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia di kota Surabaya. Selang 2 bulan setelah diterima kerja saya langsung dapat fasilitas Kartu Kredit. Senenge jian ora umum.., kata orang-orang itu artinya kredibilitas saya sangat dipercaya oleh perbankan. Pertama kali kartu tak pake buat beli beberapa baju, harganya kalo gak salah sekitar 250 ribuan. Pas giliran dapat tagihan, ada informasi bayarnya gak perlu semua, boleh bayar Cuma 10% atau minimal 100 ribu. Wah kok penak tenan, batinku.. Akhirnya tak bayar minimal aja 100 ribu. Terus selanjutnya belanja2 lagi, seneng-seneng, nraktir cewekku dan lain-lain pake kartu terus, bayarnya gak pernah telat dan minimum terus. Selang beberapa bulan limitnya dinaikkan hampir 2 kali lipat. Wah tambah sip ki.. Gesek terus...!! Selang beberapa bulan lagi banyak tawaran-tawaran aplikasi kartu kredit dari bank-bank lain. Limitnya tambah lebih besar lagi.. Joss tenan..!!
Tahun 2007 awal ngajukan KPR dan “alhamdulillah” di acc. Juni 2007 anak pertama lahir. “Kebahagiaan” yang luar biasa karena sudah punya rumah sediri pada saat anak pertama lahir. Akhirnya kebutuhan hidup meningkat, keuangan mepet, satu-satunya “penyelamat” adalah memanfaatkan kartu kredit untuk belanja kebutuhan hidup, beli perabotan dan lain-lain. Gesek terus, bayar minimal terus dan gak pernah telat. Karena gak pernah telah, akhirnya dikasih “kepercayaan” oleh bank limitnya dinaikkan lagi. Tawaran dari bank-bank lain berdatangan, saya dan istri total punya 10 kartu kredit, bahkan limit yang tertinggi sampe 60 jutaan. Kartu kredit benar-benar “penyelamat” masalah keuangan saya. Akhirnya semua pake kartu kredit, belanja gesek, renovasi rumah gesek tunai, bayar ini bayar itu pake kartu kredit.
Gak sadar akhirnya total utangku udah sampe ratusan juta. Modyar aku...!! limit kartu udah penuh semua, akhirnya gali lubang tutup lubang. Gesek kartu sana buat bayar kartu sini, gesek kartu sini buat bayar kartu sana. Lama2 mentok juga limitnya. Terus pake sistem roll over lewat toko emas. Akhirnya mentok lagi. Saya sama istri jadi lenger-lenger sendiri. Piye iki jum...???
Tahun 2015 akhir kami putuskan untuk jual rumah buat nutup semua utang, ngungsi sementara ke rumah orang tua di Malang. Plan nya, jual rumah buat nutup utang, terus sisanya buat DP KPR lagi.
Kembali lagi ke tahun 2003 nggih. Waktu itu saya diterima kerja di Bank BUMN “biru kuning”, bank dengan asset terbesar di Indonesia. Sejak pertama kerja sudah sangat dekat dan mudah dengan urusan utang piutang, bunga, denda, penalty, angsuran, dan lain-lain. Banyak sekali kemudahan-kemudahannya dalam urusan utang-utangan. Dibungkus dengan gedung megah, sofa dan AC, tutur kata yang santun serta dasi dan blazer benar-benar serasa orang “ningrat”.
Kerja di bank sampe tahun 2010, akhirnya saya resign dan pindah ke perusahaan multifinance (leasing). Tertarik karena katanya bonusannya besar. “Alhamdulillah” karir saya di perusahaan baru cukup melesat, cukup banyak karyawan lain yang kesalip, dapat fasilitas mobil baru, dengan jabatan terakhir Area Manager. Inti tugasnya hanya sederhana, yaitu “bisa jual, bisa nagih”, pasti bonus lancar. Bisa jual artinya ngasih kredit sebanyak-banyaknya, bisa nagih artinya jangan ada nasabah yang nunggak.
Akhirnya dengan segala strategi, trik, teknik, tipu daya dan muslihat banyak booking penjualan. Orang gak butuh duit dipaksa kredit, orang anaknya masuk rumah sakit butuh dana dipaksa ngutang, orang butuh dana buat daftar sekolah dirayu pinjem dan lain sebagainya dengan bujuk rayu yang luar biasa. Bunganya ngalah-ngalahin kartu kredit. Pas giliran jatuh tempo telat sehari, sudah harus pasang tampang sangar. Gak peduli anak masuk rumah sakit, orang tua meninggal, usaha lagi sepi, banyak kebutuhan, taunya angsurannya harus dibayar!!
Mulai muncul caci maki dan sumpah serapah, kadang-kadang ngajak gelut barang. Dalihnya: “njenengan kan dulu saat butuh dana sudah kami bantu, sekarang tinggal kewajiban njenengan bayar angsurannya”, itu versi halusnya. Versi agak ekstrim nya: “bu utang itu dibawa sampe mati lho, klo tau-tau besok ibu meninggal nanti berat di alam kuburnya”.
Yang lebih ekstrim lagi nagih sampe teriak-teriak di kampung biar semua tetangga tau kalo dia punya utang, teriak-teriak di rumah sakit pas anak nasabah sedang opname, sita motor di tengah jalan persis seperti begal! Dan hebatnya lagi aktifitas itu seperti “dilindungi” oleh hukum dengan adanya pengikatan jaminan secara fidusia.
Semua aktifitas itu terjadi atas instruksi saya dan atasan saya. Karena buat saya dan atasan yang penting gak boleh nunggak! Kalo nunggak bonus gak keluar. Kalo kembali ke kantor tanpa setoran tagihan segala caci maki dan sumpah serapah keluar dari mulut saya, tidak peduli bagaimana kondisi nasabah di lapangan.
Setiap akhir bulan selalu identik dengan suara oktaf tinggi dan sumpah serapah. Kalo saya gak masuk target, saya gak dapat bonus bahkan gaji bisa dipotong. Kalo gak dapat bonus atau gaji dipotong gimana saya bisa bayar cicilan saya yang segunung...???
Kolektor yang takut dengan amarah saya kalo gak masuk target akhirnya mereka harus nalangi angsuran nasabahnya. Kalo gak punya uang buat talangan mereka pinjam ke rentenir keliling yang sudah siap bawa uang tunai dengan bunga 10% per bulan. Edan tenan..
Kalo ada kolektor yang gak kuat dan akhirnya nyerah, akhirnya saya juga harus siapkan dana talangan angsuran nasabah. Dananya dari mana? Ya dari gesek tunai kartu kredit juga. Daripada gaji saya dipotong dan dimaki-maki sama atasan saya. Alhasil utang saya nambah terus. Mumet Jum..!!
Saya jadi orang yang kejam, bengis, mudah marah, raja tega gak peduli sama orang lain, jarang sholat, mau sedekah eman karena untuk biaya harian aja sudah pas-pasan, padahal saya termasuk bos dan bawa mobil bagus. Saya hanya takut pada atasan. Beban kerja juga luar biasa, rasanya waktu 24 jam sehari tidaklah cukup. Keluarga terabaikan. Yang dipikirin cuma uang, mendidik bawahan juga orientasinya pada uang. Kerja pancingannya harus dengan uang/materi. Dalihnya: “kamu harus sejahtera biar bisa berbagi dengan sesama, biar bisa sedekah, biar bisa nyumbang anak yatim, bahagiakan keluarga, ortu, dll. Klo mau sejahtera harus dapat bonus sebanyak-banyaknya, bla bla bla...”
Yang ada di pikiran saya cuma gimana caranya cari uang sebanyak-banyak nya biar bisa bayar cicilan, dan nutup semua hutang.

Sampai di akhir tahun 2015, saya dan istri putuskan mau jual rumah untuk bayar semua utang. Istri berhenti kerja dari bank dan ikut ngungsi dari Sidoarjo kerumah orang tua bulan Januari 2016 di Malang. Rumah saya iklankan, saya tawarkan ke teman-teman dan saudara-saudara. Sambil cari-cari pandangan pandangan rumah baru dengan harapan sisa hasil jual rumah setelah nutup semua utang bisa untuk DP KPR lagi. Mulai dari titik nol rencananya.
Sebulan, dua bulan, tiga bulan tidak ada satupun yang merespon iklan rumah saya dengan serius. Ada yang serius tapi lost deal. Ada juga yang menyepelekan, “kemahalan mas, rumah gitu aja”. Udah ada yang katanya serius dan cocok, tapi uang nya belum ada, ditunggu-tunggu malah gak jelas.
Udah istri gak kerja, tagihan nambah terus, rumah gak laku-laku tambah stress gak karu-karuan. Istri rencana mau buka usaha tapi ada aja halangannya, jadi gagal terus. Keuangan semakin menipis, mesti banyak berhemat. Saya kerja naik mobil, tapi kalo lagi sendirian seringkali gak makan siang karena harus ngirit. Tapi kalo pas kumpul2 sama anak buah mau gak mau harus nraktir makan, gengsi boss..!!
Stress nya sudah sampe tingkat dewa! stress sama kerjaan, sama tekanan yang sudah “gak manusiawi”, stress sama kondisi keuangan keluarga, stress karena istri stress gak kerja yang kadang-kadang gak akur sama ibu saya. Stress nya udah luar dalam, atas bawah, kiri kanan, depan belakang!
Sekitar Juli pertengahan pas mendekati lebaran saya nemu group FB nya mas Saptuari. Niat awalnya sih mau carikan prospek usaha buat istri, karena nama group FB mas Saptuari kan Belajar Wirausaha Bareng Saptuari. Biar istri gak stress karena gak kerja mungkin sekalian bisa bantu ekonomi keluarga, bantu bayar cicilan.
Semakin ke dalam saya ikuti kok pembahasannya cenderung sosial agamis dan yang paling penting pembahasan tentang riba. Saya mulai semakin tertarik mempelajari riba. Saya juga cari group-group lain yang membahas masalah bahaya riba dan saya join. Saya pelajari dalil-dalilnya dan adzab nya, ternyata ngeRIBAnget. Saya sadar 13 tahun ke belakang jalan saya sudah salah.

Alhamdulillah gak butuh waktu lama saya langsung sholat taubat dan berusaha terus Sholat 5 waktu gak pernah lepas. Sholat malam saya lakukan semampu saya. Bukan bermaksud riya’, Istri dan anak2 saya sampe heran dengan perubahan saya. Tapi saya belum sampaikan apa-apa ke istri saya. Pas ada kesempatan berdua (yang sangat jarang sekali), akhirnya saya bicara soal riba. Saya share group mas Saptu ke istri saya biar dia juga baca-baca. Kita bahas bahwa mungkin jalan hidup kita ini sudah salah. Saya bilang bahwa kita harus benar-benar ber Azzam bahwa kita harus keluar dari riba. Akhirnya sang istri support. Saya harus resign dari kerjaan saya yang secepatnya..!!
Tapi tidak semudah itu. Klo saya resign sekaran cicilan siapa yang bayar? keluarga makan apa? Bagaiman respon orang tua, keluarga?
Sementara semua kami pendam dulu. Kami besama-sama perbaiki ibadah kami, dengan terus ber Azzam kepada Allah untuk keluar dari riba.

Setelah lebaran akhirnya istri saya punya ide untuk buka lundry kiloan, yang selama ini tidak pernah terpikirkan. Prosesnya ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Karena kami masih numpang dirumah ortu tetap saja masih muncul friksi. Namun alhamdulillah akhirnya berdirilah “rizkilaundry” yang dikelola istri pada tanggal 30 Juli 2016. Alhamdulillah dalam bulan pertama selama bulan Juli omzet masih 800 ribu sebulan, masih minim sekali.
Tapi rumah masih juga belum laku, itu yang masih jadi beban utama. Karena menurut kami rumah harus laku dulu, biar bisa nutup semua hutang dan bisa pengajuan resign. Sisa penjualan rumah rencana buat modal usaha.

Seiring perjalanan usaha laundry perlahan kami sampaikan kepada keluarga rencana saya untuk berhenti kerja di perusahaan leasing. Awalnya semua menentang. Mengkhawatirkan nasib anak dan istri saya bagaimana kalo saya tidak kerja. Sedangkan untuk usaha saya tidak punya pengalaman sama sekali, dan resikonya terlalu besar. Apalagi semua silsilah dalam keluarga saya adalah seorang karyawan sejati, tidak ada yang wirausaha. Perlahan kami mejelaskan tentang riba dan bahayanya, dan meyakinkan bahwa rizki itu dari Allah. Alhamdulillah akhirnya semua support dan banyak memberikan masukan.
Dari FB saya akhirnya banyak join group-group yang bersifat religius. Banyak ilmu dan pelajaran yang saya dan istri bisa ambil. Akhirnya semua proses nya saya pasrahkan kepada Allah sambil saya terus mohon dan ikhtiar. Saya percaya apa pun yang terjadi semua atas ijin Allah. Emosi saya jadi lebih terkendali. Bahkan di lingkungan kantor banyak yang bertanya-tanya kok saya tidak lagi se “sangar” dulu. Ada yang menilai saya melemah. Bahkan atasan saya pernah memarahi saya dengan kata-kata “kalo tidak bisa tegas jangan jadi pemimpin..!!”
Benar memang kalo riba itu menghilangkan sisi humanis, membuat hati sekeras batu, membuat orang jadi kejam, bengis dan tidak peduli dengan orang lain! Hanya memikirikan sisi duniawi, ibadah hanya bumbu hidup saja biar kelihatan agamis. MemperTuhankan uang. Membuat waktu tidak akan pernah cukup. Dan itu akan menjadi lingkaran setan selama kita tidak berani benar-benar keluar dari kubangan riba, baik penerima riba maupun pemakan riba.
Mukjizat benar-benar terjadi. Istri saya terketuk untuk memberi makan anak yatim di Panti Asuhan. Dan pada hari Jumat, tanggal 09 September 2016 sebelum jumatan kami kirim makan siang ke Panti Asuhan, sambil berdoa kepada Allah dan meminta bantuan doa dari anak Yatim agar keinginan kami sekeluarga diberikan kelancaran. Hari sabtu tanggal 10 September 2016 pagi sekitar jam 7 ada orang bernama pak Agus telp saya menanyakan apakah rumah saya dijual dan rencananya jam 9 akan lihat ke lokasi. Saya bilang silahkan dan kunci rumah saya titipkan ke tetangga saya. Sekitar jam 12 siang pak Agus telp lagi dan bilang klo rumahnya cocok, kemudian menanyakan masalah harga. Saya bilang besok saja ketemuan, saya meluncur ke sidoarjo.
Hari minggu tanggal 11 September 2016 jam 10 pagi kami bertemu. Setelah ngobrol-ngrobol, saya sebutkan harga penawaran pak Agus langsung deal tanpa banyak nego. Bahkan beliau menyetujui semua biaya beliau yang tanggung. Selasa tanggal 13 September 2016 janjian untuk sama-sama ke notaris. Akhirnya hari Rabu tanggal 14 September 2016 ketemu di notaris, dan semuanya langsung dibayar lunas oleh pak Agus. Dan sorenya saya langsung menghadap atasan saya untuk menyampaikan pengunduran diri saya.
Subhanallah, Allahu akbar...!!
Tidak ada yang kebetulan, semua terjadi atas ijin Allah.. Sungguh benar2 nyata pertolongan Allah..
“maka nikmat mana yang kau dustakan”

Pengunduran diri saya disetujui efektif per tanggal 1 November 2016. Alhamdulillah hutang-hutang riba mulai saya lunasi semua. Saya putuskan untuk tidak jadi ajukan KPR, sementara minta ijin ortu untuk numpang dulu. Bertekad bulat membebaskan kami dari segala bentuk hutang dan riba. Alhamdulillah laundry istri saya sudah mulai rame. InshaAllah saya akan memulai usaha warung makan setelah saya efektif resign.
Alhamdulillah Allah menurunkan hidayahnya melalui group Belajar Wirausaha Bareng Saptuari.

Mohon saya dibantu doa agar tetap diberikan iman dan keteguhan hati, aamiin.
“Yaa muqollibal qulub, tsabbit qolbi”ala diinik”

Karena kami yakin ini baru tahap awal dari hijrah kami, dan pasti akan banyak aral melintang.
Sementara cekap semanten nggih mas Saptuari, matur nuwun sanget.
Wassalamu’alaikum warrohmatulloohiwabarokaatuh.
~adhit~
0818380712
FB: Adhitya Rizkiwahana
Fanpage: #shabusoupmalang

Tag : kisah, riba, Umum
0 Komentar untuk "Dari Manager Bank menjadi Entrepreneur "

Back To Top